Kamis, 04 September 2014

Cara Kerja Search Engine (Mesin Pencarian)

Kalian pasti pernah menggunakan search engine bukan? Apa itu search engine? Search engine adalah sebuah sistem perangkat lunak (software) yang di desain untuk melakukan pencarian data atau informasi di world wide web (www). Seperti google dan yahoo misalnya. Lalu bagaimana cara kerja search engine? Untuk itu kita simak bahasan berikut..





Web Crawling

Di dalam mesin pencari (search engine) ada sebuah program yang disebut spider. Spider ini membuka halaman website yang tersedia untuk umum dan menyimpannya di database. Selain menyimpan, spider juga mencari link-link yang berhubungan dengan halaman tersebut lalu menyimpannya juga. Web crawler juga berguna untuk memriksa apakah ada perubahan pada halaman yang telah disimpan saat ada halaman baru yang ditambahkan ke website.


Indexing


Data yang telah disimpan tadi akan di analisis berdasar meta tag, presentase jumlah kata, dll dengan menggunakan algoritma yang rumit. Setelah itu, search engine akan mengurutkanya berdasarkan cocok atau tidaknya dengan kata kunci pencarian (yang kita tulis) sehingga diperoleh ranking.


Searching


Ketika kita menuliskan kata kunci saat akan searching, mesin pencari akan memeriksa database index dan menampilkan halaman-halaman yang paling cocok degan kata kunci kita





Nah itu tadi penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat dan terima kasih^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar