Rabu, 24 September 2014

Search Engine?

Hai hai haii.. Kali ini saya akan membahas tentang search engine. Kalian tahu apa itu search engine? Search Engine adalah program komputer yang dirancang untuk membantu seseorang menemukan file-file yang disimpan dalam komputer, misalnya dalam sebuah server umum di web (www) atau dalam komputer sendiri.Nah untuk lebuh lanjutnya, saya akan memberikan beberapa contoh search engine.


1.  Google

Google Search (atau Google Web Search) adalah mesin pencari web yang dimiliki Google Inc. Google muncul pada akhir tahun 1997, tetapi mulai diluncurkan pada 1998.

Google memasuki pasar yang telah diisi oleh para pesaing lain dalam penyediaan layanan mesin pencari, seperti Yahoo, Altavista, HotBot, Excite, InfoSeek dan Lycos, dimana perusahaan-perusahaan tersebut
mengklaim sebagian perusahaan yang bergerak dalam bidang layanan pencarian di internet. Hingga akhirnya Google mampu menjadi sebagai penyedia mesin pencari yang cukup diperhitungkan di dunia. Selain untuk sebuah mesin pencari, google juga mengembangkan sayapnya dengan memperlebar sistem pencarian Newsgroup/NNTPGambar, kemudian Froogle untuk pencarian harga-harga barang, dan kini membuat layanan web-base email Gmail dengan pendekatan kapasitas yang cukup besar, conversation dan user interface lebih cepat dibanding webmail yang lain. Urutan hasil pencarian Google sebagian didasarkan pada peringkat prioritas bernama "PageRank".

Kelebihan Google
1.  Simple, tampilan google sangat sederhana, tanpa iklan dan news sehingga tidak membingungkan. Sekali masuk 100% pasti akan melakukan aktifitas pencarian.
2.  Google memudahkan pencarian menggunakan kata kunci yang relevan. Hanya beberapa detik saat kita mengetikkan kata kunci, google menawarkan beberapa kata kunci populer dan relevan yang mungkin Anda inginkan.
3.  Google mendukung web service. Layanan ini diperuntukkan bagi software developer. Dengan mengetahui tentang web service suatu mesin pencari, Anda tidak perlu membuat mesin pencari sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web misal browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.

Kekurangan Google
1.  Perkembangan website yang sangat cepat tidak mendapat bandingan dari kecepatan index google, sehingga kadang artikel yang kita buat sekarang baru terindex beberapa menit bahkan sampai berhari-hari.
2.  Kadangkala hasil pencarian tidak relevan, meskipun google telah berusaha menampilkan hasil yang relevan. Kadang hasil pencarian hanya membuat kita berputar dari web ke web yang lain.
3.  Aktifitas link spamming yang tidak terbendung untuk mengangkat posisi website jika tidak bisa dibedakan search engine dengan link natural akan menyebabkan akurasi pencarian melemah.


2.   Yahoo!

Yahoo merupakan salah satu mesin pencari tertua yang ada di jagat internet.

Yahoo dikembangkan oleh Yahoo! Inc, merupakan sebuah perusahaan publik Amerika dengan kantor pusat di SunnyvaleCalifornia (tepatnya di Silicon Valley), yang menyediakan layanan internet secara global, meliputi seluruh dunia. Perusahaan ini terkenal akan portal web, mesin pencari (Yahoo! Search), Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, iklan, pemetaan online (Yahoo! Maps), Yahoo! Video, dan website media sosial dan jasa.
Yahoo dirintis oleh Jerry Yang dan David Filo pada bulan Januari 1994 dan diresmikan sebagai badan hukum pada tanggal 1 Maret 1995. Pada tanggal 13 Januari 2009, Yahoo mengangkat Carol Bartz, mantan kepala eksekutif Autodesk, sebagai kepala eksekutif dan anggota dewan direksi Yahoo yang baru.
Kelebihan Yahoo
1.  Sebagai surat menyurat
2.  Salah satu web yang menyediakan fasilitas gratis.
3.  Banyak fasilitas yang disediakan,
4.  Berhubungan dengan orang lain lebih mudah dan banyak yang menanggapi karna termasuk situs lokal

Kekurangan Yahoo
1.  Satu id yahoo hanya untuk yahoo, tak bisa untuk produk windows, seperti IM dan msn
2.  Sering disalahgunakan karna terlalu mudah membuat ID
3.  Skin untuk YM masih sangat simple, tak seperti IM yang ada cukup banyak 

3.   Baidu
Baidu, Inc. (Tionghoa: ) biasa dikenal dengan sebutan Baidu didirikan pada 18 Januari 2000 merupakan perusahaan layanan web yang berpusat di Kampus Baidu yang terletak di Distrik Haidian, Beijing, RRC.
Baidu menawarkan berbagai fasilitas, termasuk mesin pencarian untuk situs web, file audio dan gambar dalam aksara Mandarin. Layanan komunitas dan pencarian yang ditawarkan sebanyak 57 jenis termasuk diantaranya Baidu Baike, sebuah ensiklopedi yang dibangun secara kolaboratif. Baidu didirikan pada tahun 2000 oleh Robin Li dan Eric Xu. Mereka adalah warga RRC yang belajar di luar negeri sebelum akhirnya kembali ke China. Pada Oktober 2012, Baidu berada di peringkat 5 pada ranking Alexa Internet. Pada Desember 2007, Baidu tercatat sebagai perusahaan China yang pertama kali dimasukkan dalam indeks NASDAQ-100.


4.   Bing

Bing ( sebelumnya Live Search, Windows Live Search, and MSN Search ) merupakan situs mesin pencari web yang bernaung di bawah bendera Microsoft. Bing merupakan bentuk reinkarnasi yang dilakukan Microsoft terhadap ketiga mesin pencari produksinya terdahulu, yakni Live Search, Windows Live Search, dan MSN Search
Mesin pencari ini diperkenalkan pada tanggal 28 Mei 2009 oleh CEO Microsoft Steve Ballmer pada konferensi All Things Digital di San Diego, Amerika Serikat, dan secara resmi diluncurkan pada 1 Juni, menggantikan mesin pencari sebelumnya, yaitu Live Search.
Bing diciptakan dengan menggunakan suatu teknologi, yakni PowerSet yang telah dibeli Microsoft pada tahun 2008. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Di samping itu, Bing dilengkapi dengan kemampuan untuk menyimpan dan membagi historis pencarian melalui Skydrive, Facebook, dan email.


5.    Daum

Daum ( bahasa Korea: 다음 ) adalah web portal di Korea Selatan, seperti Naver dan Nate. Daum menawarkan banyak layanan Internet untuk pengguna web, termasuk gratis berbasis web e-mail, pesan singkat, layanan populer, forum, belanja dan berita.

Popularitas Daum berasal dari berbagai layanan yang ditawarkan, tetapi juga dari fakta bahwa itu adalah portal web Korea pertama dengan ukuran yang signifikan. Popularitasnya dimulai ketika bergabung dengan layanan e-mail yang paling populer, daum.net atau hanmail.net. Setelah penggabungan, Daum memulai layanan forum Daum Cafe yang membawa statusnya perusahaan di pasar. Istilah cafe dan bahkan warnet (Berbeda dari apa yang seharusnya merujuk dalam penggunaan Barat) sekarang digunakan sebagai sinonim untuk "forum internet" dalam bahasa Korea. Dari 2003, Daum memulai asuransi mobil on-line langsung dengan meluncurkan anak perusahaan Daum Direct Insurance Auto dan dari tahun 2008, menjadi perusahaan kemitraan dengan ERGO Insurance Group.
  

Sekian dulu penjelasan saya. Thank you~^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar