Senin, 06 Oktober 2014

Teknik Dasar Mesin Pencarian



Hai hai haii..ketemu lagi sama saya. Kali ini saya masih akan membahas tentang search engine, yaitu tentang teknik dasarnya.


Sering kali waktu kita mencari sebuah informasi pada mesin pencarian, informasi yang ditampilkan terlalu luas dan menyulitkan kita. Untuk itu agar mendapatkan hasil yang akurat, saya punya sedikit tips nih, yang dikenal sebagai TEKNIK DASAR MESIN PENCARIAN.
Apa aja teknik - tekniknya?



1.   Penggunaan tanda / operator tanda petik (" ")
Operator tanda petik digunakan untuk mencari dan menampilkan frasa yang sama persis dengan frasa  yang kita ketik. Pencarian dengan menggunakan operator ini akan menghasilkan semua informasi yang berkaitan dengan kata yang kita tulis.Contohnya seperti ini: "tempat wisata"
Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui hasilnya:





2.   Penggunaan tanda / operator tambah (+)
Operator tanda tambah digunakan untuk menambahkan kata yang harus ada dalam semua hasil pencarian. Keuntungan dengan menggunakan operator ini adalah informasi yang ditampilkan telah disaring jadi kita dapat langsung mencari informasi yang sesuai. Waktu untuk menemukan informasi – informasi tersebut juga lebih sedikit. Contohnya seperti ini: +”tempat wisata” +bandung 
Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui hasilnya:  

 


Kadangkala dalam pencarian menggunakan operator tanda + masih terdapat kata – kata yang tidak diinginkan seperti kata “rental mobil” dan “sewa mobil”. Untuk itu kita gunakan operator tanda min.

 
3. Penggunaan tanda / operator min (-) 
Operator tanda min digunakan untuk menambahkan kata yang tidak boleh ditemukandalam semua hasil pencarian. Informasi yang disajikan akan lebih spesifik dan tidak terlalu banyak sehingga mempercepat waktu dalam menemukan infromasi yang dibutuhkan. Contohnya seperti ini: +”tempat wisata” +bandung –rental –mobil 
Perhatikan gambar berikut untuk mengetahui hasilnya:

 

Nah itu tadi penjelasan saya tentang teknik dasar search engine. Semoga bermanfaat buat kalian yaa^^ Byee.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar